Kamis, 29 Maret 2012

Cari Founding untuk Karya Kreatif ?

Anda mempunyai banyak ide kreatif yang akan dituangkan dalam karya seni unik dan mendidik namun terbentur dengan pendanaan untuk mewujudkannya?. Jika memang demikian masalah yang Anda hadapi kini telah hadir sebuah situs crowdfunding Indonesia yang menyediakan pendanaan bagi sebuah karya kreatif. Situs ini bernama Wujudkan.com.





Crowdfunding
adalah sebuah konsep pendanaan bersama. Di sini, pendanaan tidak didapatkan hanya dari segelintir dana, tapi justru dari banyak orang. Konsep crowdfunding ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru karena di luar negeri situs seperti ini telah berkembang pesat, khususnya dalam tiga tahun terakhir. Di seluruh dunia telah ada sekitar 460 situs crowdfunding. Salah satu yang terpopuler saat ini adalah Kickstarter.com yang dibuat pada 2009.

Situs Wujudkan.com ini didirikan oleh Mandy Marahimin pada Februari 2011. Mandy yang sudah 11 tahun malang melintang di dunia film merasa prihatin karena banyak calon sineas muda yang ingin membuat film, tapi terkendala dana. Selain itu juga Mandy juga khawatir dengan industri kreatif di tanah air yang tidak didukung oleh publik sendiri. Konsumen hanya dijejali karya-karya yang cenderung bernilai bisnis. 

Dalam wawancaranya dengan Kompas, Mandy Marahimin juga menjelaskan bahwa melalui Wujudkan.com semua orang bisa memilih untuk memberikan dukungan kepada karya-karya yang mereka inginkan terwujud. Semua orang bisa terlibat aktif dan bukan hanya menjadi konsumen pasif. 

Wujudkan.com hingga saat ini telah mendanai dua film yakni Atambua 39 derajat Celcius telah mendapat donasi dari 87 donatur dengan jumlah sekitar Rp 84 juta. Kedua proyek ini masih akan terus berlanjut hingga akhir Mei 2012. Tidak hanya dunia perfilman yang bisa didukung untuk didanai. Namun hingga saat ini, Wujudkan.com baru menampilkan dua proyek kreatif yaitu sebuah album musik untuk anak-anak dari Popzzle dengan judul Tribute to Ibu Soed dan sebuah film layar lebar terbaru Riri Riza dan Mira Lesmana berjudul Atambua 39 derajat celcius.

Jika Anda mempunyai proyek kreatif yang terkendala dengan pendanaan maka tenang saja, Wujudkan.com memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengirimkan proposal proyek. Saat ini Wujudkan.com telah menerima sekitar 20 proposal proyek baik berupa film, musik, fashion, fotografi, pameran, konser, penulisan buku, film dokumenter dan lain-lain. Sekitar 50 persen dari total proposal proyek yang ada dianggap layak untuk ditampilkan di Wujudkan.com.

Anda tertarik, langsung saja menuju alamat www.wujudkan.com, buat akun Anda dan masukkan proposal proyek kreatif Anda. 

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Mau ?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India