Sabtu, 03 Maret 2012

Pindah domain ke dot tk


Wah tak terasa sudah lebih dari tiga bulan saya tidak pernah menulis di blog Jagad Saridin ini. Karena satu dan lain hal kesibukan yang saya lalui beberapa bulan belakangan ini. Namun faktor utama saya tidak produktif adalah kemalasan saya sendiri. Hehehehe. Bayangkan saja beberapa bulan terakhir kesibukan saya adalah menjadi tukang pos surat lamaran kerja. Itupun tidak banyak menyita waktu luang saya. Sungguh tidak penting sekali kesibukan yang saya lalui beberapa bulan terakhir. Dan bayangkan saja dari 50 lamaran kerja yang saya buat dan kirimkan 75 kali telah di tolak. Ups, kok malah jadi curhat. :D

Beruntung mood untuk menulis muncul lagi. Saya-pun tak menyia-nyiakan semangat menulis yang lagi di atas angin ini. Untuk menjaga mood menulis saya bela-belain sampai merombak tampilan blog Jagad Saridin ini. Mulai dari tampilan themes sampai pada nama domain yang semula menggunakan domain blogspot.com saya pindah ke domain gratisan dot tk.

Sebenarnya sih sayang juga harus ganti domain baru, soalnya beberapa postingan saya sudah terindex oleh mbah google. Tapi demi menjaga mood dalam menulis, akhirnya saya lakukan juga. Oh iya bagi kawan-kawan yang masih menggunakan domain dengan embel-embel blogspot atau wprdpress.com dan ingin merubah nama domainnya agar lebih pendek dan cantik bisa menggunakan domain dot tk ini secara gratis.
Maaf bukan bermaksud menggurui bagi kawan-kawan dan Agan-agan yang sudah ahli. Artikel ini ditujukan untuk newbie atau mereka yang ingin belajar mempercantik tampilan blognya.

Langkah pertama untuk pindah domain dari blogspot.com adalah dengan membuat akun di dot tk. Klik di sini untuk pendaftaran akun baru. Atau klik banner di bawah untuk pendaftarannya . Klik add domain, jika nama domain yang Anda daftarkan sudah teregistrasi maka cobalah nama lain hingga berhasil.  






Pastikan centang bagian “Free domain” bukan “Paid domain” :lol:  . Kemudian tekan tombol next. Pada tahap ke dua ini, silahkan pilih opsi “Use DNS for this domain” kemudian centang pilihan “Use my own DNS Services”.  Pada kolom Name server, isikan dengan “ghs.google.com” ( anggap kita ngehosting di blogspot, nantipun bisa diedit mau diarahkan kemana servernya ). Isi alamat email kita di kolom “Your E-mail Address” dan jangan sampai salah. Isi Karakter huruf pada kolom “Type the characters you see in this picture”. Selanjutnya silahkan klik next. Lihat gambar dibawah.

Langkah selanjutnya adalah mengisi Nama dan Password (gambar dibawah). Password di sini adalah password untuk log in ke dot tk. Selanjutnya klik next. Sampai di sini, kita telah melakukan registrasi baru domain gratis di .tk. Tinggal menunggu konfirmasi yaitu kode verifikasi yang dikirimkan kealamat email kita.

Jika semua setting di dot tk telah selesai, langkah selesai langkah selanjutnya dalam memindah domain dari blogspot.com ke dot tk adalah. Tinggal setting dan arahkan name servernya ke blogspot (ghs.google.com). Caranya, pada panel sebelah kiri, silahkan pilih “My Domains” >> “List  my domains”. Pada halaman “List my domains”, pilih domain yang mau di setting, kemudian klik “modify”. Lihat gambar di bawah ini.



Langkah selanjutnya adalah masuk ke akun blogger sobat,jika belum punya akun silahkan buat.gampang dan tidak lama jugaa. Setelah anda login ke blogger tentu anda langsung di bawa ke  Dashboard blog anda.. langsung aja menuju pengaturan atau setting. Pada menu tab setting silahkan pilih Publikasi /penerbitan. Silahkan pilih ubah sesuaikan. Klik berpindah ke  Domain Ubahsuaian (Arahkan nama domain terdaftar milik Anda sendiri ke blog Anda). Pilih domainubah sesuaian. Terus pilih Anda sudah memiliki domain? Beralihlah ke pengaturan lanjut, nah klik saja Beralihlah ke pengaturan lanjut. Pada kotak Domain Anda  http://   [ketikkan domain yang sudah anda beli]   (Misal: jagadsaridin.tk). Pada pilihan Gunakan host file yang hilang?  pilih tidak aja. Verifikasi kata. Selesai deh.

            Tunggu saja satu atau dua jam atau satu hari atau dua hari. Pasti alamat domain anda sudah bersandar di blogspot. Demikian sedikit pengetahuan tentang memindahkan domain dari blogspot ke dot tk. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Mau ?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India