Selasa, 20 Maret 2012

Memulai Bisnis Tanpa Modal


Anda ingin berbisnis namun modal Anda sedikit atau bahkan Anda tidak punya modal ?. Jika demikian yang Anda alami maka sama dengan yang saya alami. Namun saya tak menyerah dengan kondisi yang ada, walau tak mempunyai cukup modal untuk berbisnis, namun saya nekat saja. Jangankan modal, jaringan bisnis saja saya tak punya. Modal saya hanya NEKAT. Bonek nieh ceritanya. hehehe

Saya memulai bisnis saya dengan membuka toko online yang tidak membutuhkan banyak modal. Selain itu ada beberapa keunggulan toko online, diantaranya adalah :

1. Tidak Perlu Bangunan Fisik
Ya, dengan membuka toko online, Anda tidak memerlukan bangunan fisik untuk mendisplay barang dagangan Anda. Yang Anda butuhkan adalah website. Banyak tutorial di internet yang membahas tentang cara membuat website toko online. Seain itu banyak penyedia hosting dan domain gratisan yang bisa Anda gunakan kalau Anda tidak sanggup untuk membeli domain dan hosting. Namun saran saya agar website Anda terlihat lebih profesional maka belilah domain dan hosting.

2. Persediaan Barang
Membuka toko offline pastilah membutuhkan banyak persediaan, paling tidak untuk display di toko kita. Lain halnya toko online, bisa jadi kita tidak perlu membeli persediaan (zero stock). Artinya kita tidak perlu banyak mengeluarkan investasi / modal kerja baik untuk gudang, tempat display maupun membeli persediaan itu sendiri. Yang penting kita memiliki sample produk agar kita tahu persis produk yang kita jual. Alhasil kita bisa lebih efisien dalam penggunaan modal kita. Namun hal ini bukan tanpa kekurangan, karena dengan tanpa persediaan kita harus lebih gesit untuk memenuhi pesanan-pesanan, sehingga kita wajib menjaga hubungan dengan supplier (sourcing) kita.

3.  Pasar yang luas
Jika ingin menembus pasar di seluruh dunia  internetlah tempatnya. Karena dengan internet pesan kita bisa sampai ke pelosok dunia dimanapun itu berada. Siap-siap saja suatu hari mendapatkan pesanan dari luar Negeri. 

4.  Kemudahan promosi
Melakukan bisnis saat ini mutlak perlu adanya promosi dan marketing. Dalam dunia internet tempat melakukan promosi sangatlah banyak, asal kita rajin browsing dan cari-cari informasi semua bisa kita dapat di internet. Saya pribadi memakai beberapa website promosi dan forum untuk mempromosikan produk-produk saya, antara lain : Indonetwork, toko bagus, krazymarket, Forum kaskus, Tabloid nova dan pastinya lewat facebook

5. Keluwesan waktu
Tidak perlu waktu khusus dalam membuka toko online. Seseorang karyawan juga bisa menyisihkan waktunya pada malam hari atau hari libur untuk menggarap toko online,  jadi tidak perlu mengganggu waktu kerjanya. Bahkan pada saat si toko online ini bekerja, kita tidak perlu menungguinya setiap saat. Dan nikmatnya lagi toko ini akan tetap bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu.

6. Tidak perlu tenaga kerja khusus
Beda halnya toko offline yang perlu tenaga kerja untuk melayani pelanggan atau menunggu toko, di toko online kita tidak perlu membayar pekerja untuk itu. Cukup cantumkan no telepon, id yahoo messenger, alamat email dan alamat websitenya, kemudian tunggu saja sang calon pembeli yang tertarik dengan produk kita.

Jika Anda ingin melihat toko saya, Ini toko onlien saya

Jangan hanya jadi pembaca, jika Anda ingin berbinis, mulailah dari sekarang. Apalagi jika Anda telah menyiapkan bisnis plannya.  

Namun Anda juga harus memperhatikan kekurangan yang dimiliki toko online. Kekurangan yang paling utama adalah kepercayaan pelanggan. Maka ketika toko online Anda sudah banyak dipercaya orang jangan sampai Anda kecewakan pelanggan. Kalo ini sampai terjadi maka toko online Anda tidak akan dipercayai pelanggan lagi. Apalagi di Negara kita ini namanya penipuan begitu banyak terjadi, termasuk lewat internet, sehingga masyarakat Indonesia belum begitu gemar berbelanja lewat internet dibandingkan langsung berbelanja di toko atau di mall.  


1 komentar:

Jagad Saridin mengatakan...

Wah terima kasih....saya biasanya pasang iklan di OLX. secara bisa melampirkan banyak foto dan juga video....:P

Posting Komentar

Mau ?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India