Kamis, 30 Juni 2011

Menjadi Pilot Itu Mudah



Menjadi pilot itu mudah. Demikian kesimpulan obrolan warung kopi kemarin antara Saridin dan kawannya yang sekarang sedang menyelesaikan studinya di PT National Aviation Management Flying School (NAM) yang didirikan PT Sriwijaya Air. Menurut kawannya itu, setiap orang bisa menjadi pilot. Menerbangkan pesawat terbang itu seperti mengendarai sepeda motor dan mobil.

Sebenarnya pesawat terbang itu sudah dilengkapi dengan peralatan dan navigasi yang canggih. Hampir semuanya sudah serba otomatis. Bahkan tanpa pilot, pesawat sudah dapat terbang menuju bandara tujuan. Dalam tugasnya di dalam kokpit pesawat, pilot dibantu oleh seorang ko-pilot. Selama penerbangan berlangsung semenjak take off hingga landing, pilot dan ko-pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah terprogram melalui bantuan navigasi pesawat dan mengikuti informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas bandar udara.

Pentingnya pilot dan ko-pilot adalah ketika kondisi diluar prediksi seperti cuaca buruk dan kerusakan pada navigasi pesawat. Disinilah ilmu dan keahlian seorang pilot dan ko-pilot diuji. Jika mereka salah mengambil keputusan, maka habislah riwayat mereka juga semua penumpang yang ada di dalam pesawat.



Meskipun mudah, tidak semua orang dapat menjadi pilot. Kita harus memiliki ijin terbang. Terdapat 2 jenis izin terbang yang dikeluarkan oleh sekolah penerbangan, yakni Commercial Pilot Licence (CPL) dan Private Pilot Licence (PPL). Dan untuk mendapat ijin ini tak mudah, kita harus menempuh studi selama satu tahun dengan biaya yang mahal. Jangan kaget jika biaya awal untuk sekolah pilot mencapai 500 juta Rupiah. Karena biaya sekolahnya yang mahal, putra-putri Indonesia tak banyak yang menjadi pilot.

Harian Kompas melansir, hingga saat ini kebutuhan pilot untuk dalam negeri belum terpenuhi. Tiap tahun, sekolah pilot di Indonesia hanya mampu meluluskan 240 pilot. Padahal, Indonesia membutuhkan 600 pilot per tahun, selama 10 tahun. Kondisi kekurangan pilot ini membuat kita harus mendatangkan banyak pilot dari luar negeri. Seperti apa yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia bulan Agustus tahun lalu. Maskapai BUMN ini mendatangkan 70 pilot dari luar negeri.

Melihat kondisi demikian ini, apakah Anda tertarik untuk menjadi pilot?

0 komentar:

Posting Komentar

Mau ?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India