Kamis, 30 Juni 2011

Apakah Saya Sudah Nasionalis ?

 
Judul tulisan saya di atas yang berupa pertanyaan bukan untuk Anda, tapi untuk saya sendiri. Terkadang saya merasa aneh saja membicarakan dan mendiskusikan tentang nasionalisme. Karena bagi saya nasionalisme bukan hanya sekedar satu topik dalam studi ilmu ketatanegaraan. Nasionalisme bukan sekedar itu, dia adalah sikap dan tindakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Saya selalu menolak dengan halus untuk diundang dalam sebuah forum yang membicarakan tentang nasionalisme. Bukannya saya sudah hafal tentang seluk beluk nasionalisme mulai dari apa yang dipaparkan Soekarno, Benendict Anderson, Mahatma Gandhi, Sun Yat Sen, atau negarawan dan akedemisi lainnya. Bukan, bukan itu. Terus terang saya minder ketika mendiskusikan tentang topik yang satu ini. Jangankan untuk jadi pembicara, jadi peserta saja dalam sebuah diskusi tentang nasionalisme saya minder. Apalagi jika otak saya telah muncul pertanyaan “apakah saya sudah nasionalis ?”  

Dan sampai hari ini, saya belum dapat menjawab pertanyaan ini. Maka, bagi Anda yang kebetulan membaca tulisan saya ini, tolong jawab pertanyaan saya itu. Apakah saya sudah nasionalis ?. Jawab dengan jujur saja, biar tidak ada dusta diantara kita. 


0 komentar:

Posting Komentar

Mau ?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India